Mari Berkisah

Salah satu konten yang paling banyak ditemukan dalam Al-Qur’an adalah kisah umat-umat terdahulu. Mulai dari narasi pihak ketiga sampai dialog-dialog detail yang menggugah nalar. Hal ini tentunya bukan tanpa tujuan. Karena kisah adalah salah satu media yang sangat efektif untuk proses alih nilai (transfer of value). Sehingga kisah bisa menjadi tools yang ideal untuk mentransfer nilai yang sangat berpengaruh bagi pengembangan karakter seseorang.

Kenyataan bahwa kisah mengambil peranan penting dalam pengembangan karakter seseorang bisa dilihat dari fenomena kehidupan di sekitar kita. Seseorang yang sering terpapar dan menyukai kisah-kisah dan film kekerasan, sangat berpotensi untuk memiliki kecenderungan terhadap kekerasan. Begitu juga orang-orang yang menyukai kisah-kisah asmara nan cengeng, tentunya berpotensi menjadi pribadi yang cengeng dalam soal asmara. Bukankah kita sudah sering mendengar kasus-kasus kejahatan yang terinspirasi dari narasi film dan game?

Lalu bagaimana jika kisah-kisah yang merusak tersebut dijejalkan ke anak kecil yang sedang kuat-kuatnya menyerap dan meniru, tentu hasilnya adalah kekacauan yang nyata. Munculnya generasi yang hedonis, cengeng, lemah, dan strawberry dewasa ini adalah salah satu dampak paling nyata yang bisa kita rasakan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan?

Salah satu tindakan nyata yang bisa kita ambil adalah dengan berkisah. Mulailah berkisah dengan kisah-kisah yang baik dan penuh hikmah. Ambil kisah-kisah dari Al-Qur’an atau sirah (sejarah) Rasulullah dan orang-orang shalih. Sehingga si Kecil memiliki teladan jelas yang bisa ditiru, serta mendapatkan transfer nilai yang baik untuk mengembangkan karakternya dan bertumbuh menjadi pribadi yang baik dan kuat.

Dengan begitu, apapun episode kehidupan yang akan mereka hadapi selanjutnya, dengan ataupun tanpa pengawasan kita. Mereka sudah siap menghadapinya dengan kualitas pribadi terbaik.

So, tunggu apalagi? Mari berkisah!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *